Senin, 10 Oktober 2011
Ockey sekarang kita akan belajar sedikit tentang keberadaan roh jahat dan bagaimana cara pengusirannya supaya bisa terlepas dari kehidupan anak-anak Tuhan. Saya berharap setelah plend membaca ini nanti,plend semua bisa lebih memahami dan mengerti tentang keberadaan roh jahat dan bagaimana caranya agar supaya kita bisa melepaskan diri dari cengkrammannya.

Keberadaan roh jahat sangat identik dengan adanya kerasukan. Baik secra singkat akan di jelaskan tentang apa itu kerasukan adalah keadaan dimana seseorang di kuasai oleh pengaruh roh jahat.
Kerasukan sendiri adalah bagian dari praktek okultisme telah ada sejak lama,dan di catat pula dalam perjanjian lama. Misalnya,

“Apabila seorang laki-laki atau perempuan dirasuki arwah atau roh peramal,pastilah mereka dihukum mati,yakni mereka harus di lontarkan dengan batu dan darah mereka tertimpa kepada mereka sendiri.”


Imamat 20:27

Sebelumnya kita harus tahu bagaimana pelayanan pelepasan,mengapa? Bukankah dapat dilakukan dengan cara mudah saja, kita menengking di dalam Nama Tuhan Yesus, dan setannya lari.selesai? Bukankah setan-setan takut pada nama Yesus yang benar dan Berkuasa?
Setan memang benar-benar takut kepada Tuhan (lebih dari pada manusia takut kepada Tuhan) dan nama Yesus seperti seruan roh jahat ini kepada Yesus,

“Apa urusan-Mu dengan kami,hai Yesus orang Nazaret? Engkau datang hendak membinasakan kami? Aku tahu siapa Engkau: yang Kudus dari Allah.”

Markus 1:24

Pelayanan pelepasan melibatkan banyak sekali perkara aneh yang tidak pernah kita bayangkan sebelumnya. Sehingga kita perlu hikmat dan pengalaman untuk mengantisipasi kejadian-kejadian yang tidak kalah aneh dan menyeramkannya di bandingkan dengan roh jahat itu sendiri. Di dalam Firman Tuhan sendiri pernah terjadi kasus pelayanan pelepasan memalukan yang di lakukan oleh anak-anak seorang imam!

“Juga beberapa tukang jampi Yahudi, yang berjalan keliling di negeri itu,mencoba menyebut nama Tuhan Yesus ats mereka yang kerasukan roh jahat dengan berseru,katanya: “Aku menyumpahi kamu demi nama Yesus yang di beritakan oleh Paulus.” Mereka yang melakukan hal itu ialah tujuh orang anak dari seorang imam kepala Yahudi yang bernama Skewa. Tetapi roh jahat itu menjawab: “Yesus aku kenal,dan Paulus aku ketahui,tetapi kamu,siapakah kamu?”
Dan orang yang di rasuk roh jahat itu menerpa mereka dan memegahi mereka semua dan mengalahkannya,sehingga mereka lari dari rumah orang itu dengan telanjang dan luka-luka.”

Kisah para rasul 19:13

Plend, ini menunjukan, bahwa meskipun benar iblis telah di kalahkan Tuhan Yesus di atas kayu salibnya tetapi tetap merupakan musuh yang tidak boleh dianggap remeh. Jelas, ia pasti kalah pada akhirnya. Tetapi sebelum ia kalah, seberapa besarnya kerusakan dan kehancuran yang bisa di timbulkannya kepada kita, itulah persoalannya.

Hal pertama yang perlu kita lakukan dalam melakukan pelayanan pelepasan adalah berdiri tegap dan mengenakan seluruh perlengkapan senjata Allah.

“ Sebab itu ambilah seluruh perlengkapan senjata Allah, supaya kamu dapat mengadakan perlawanan pada hari yang jahat itu dan tetap berdiri,sesudah kamu menyelesaikan segala sesuatu. Jadi berdirilah tegap,berikatpinggangkan kebenaran dan berbajuzirahkan keadilan, kakimu berkasutkan kerelaan untuk memberitakan injil damai sejahtera; Dalam segala keadaan pergunakanlah perisai iman, sebab dengan perisai itu kamu akan dapat memadamkan semua panah api dari si jahat, dan terimalah ketopong keselamatan dan pedang Roh, yaitu Firman Allah.”

Efesus 6:13-17

Perlu di ingat bahwa takut iblis adalah salah satu celah untuk di perbudak dan di kuasai oleh iblis. Bahkan utnuk dirasuki sampai binasa. Kita tidak pernah tahu kapan kita selaku anak Tuhan dan murid Yesus, akan berhadapan dengan iblis. Karena itu Firman mengingatkan kita

“ Di hadapan Allah dan Kristus Yesus yang akan menghakimi orang yang hidup dan yang mati, aku berpesan dengan sungguh-sungguh kepadamu demi penyataan-Nya dan demi kerajaan-Nya: beritakanlah Firman, siap sedialah baik atau tidak baik waktunya, nyatakanlah apa yang salah, tegorlah dan nasihatilah dengan segala kesabaran dan pengajaran. Karena akan datang waktunya, orang tidak dapat lagi menerima ajarn sehat, tetapi mereka akan mengumpulkan guru-guru menurut kehendaknya untuk memuaskan keinginan telinganya. Mereka akan memalingkan dari kebenaran dan membukanya bagi dongeng-dongeng. Tetapi kuasailah dirimu dalam segala hal,sabarlah menderita, lakukanlah pekerjaan pemberita injil dan tunaikanlah tugas pelayananmu.”

2 timotius 4:1-5

Satu lagi Firman berkata

“lalu Ia berkata kepada mereka: “ pergilah keseluruh dunia,beritakanlah injil kepada segala makhluk. Siapa yang percaya dan di baptis akan diselamatkan,tetapi siapa yang tidak percaya akan di hukum. Tanda-tanda ini akan menyertai orang-orang percaya: mereka akan mengusir setan demi nama-Ku, mereka akan berbicara dalam bahasa-bahasa yang baru bagi mereka,mereka akan memegang ular,dan sekalipun mereka minum racun maut, mereka tidak akan mendapat celaka; mereka akan meletakan tangannya atas orang sakit,dan orang itu akan sembuh.”

Markus 16:15-18

Plend, Firman Tuhan di atas mengatakan bahwa sebenarnya mengusir setan dalam nama Yesus tidak memerlukan karuhnia khusus,ingat,bukan karuhnia khusus dan bukan juga merupakan talenta atau bakat khusus,tapi menjadi tanda bagi setiap orang percaya. Yang dimaksud Yesus orang percaya adalah yang masih hidup, artinya masih bisa bernapas. Jika Tuhan sja tidak memberi syarat yang lebih sukar dari pada ‘percaya’. Mengapa manusia harus menambah-nambahkannya.
Hanya ‘percaya saja’.itu sudah cukup bagi Yesus untuk melakukan perkara yang dahsyat melalui kita.

“tetapi Yesus tidak menghiraukan perkataan mereka dan berkata kepada kepala rumah ibadat: “jangan takut,percaya saja”.

Markus 5:36
Jadi sekarang kita sudah tahu bahwa salah satu tanda orang percaya adalah di beri kuasa (artinya : wewenang,otoritas,hak penuh termasuk hak memberi sanksi bila di tentang) dari Allah untuk mengusir setan dalam Nama Tuhan Yesus. Karena itu kita selaku orang yang mengabdikan diri kepada Tuhan,kita bertanggung jawab supaya menunujukan tanda orang percaya kepada iblis agar iblis takut kepada kita.

“Karena itu tunduklah kepada Allah, dan lawanlah iblis, maka ia akan lari dari padamu!.”

Yakobus 4:7

“ Kamu berasal dari Allah,anak-anakKu, dan kamu telah mengalahkan nabi-nabi palsu itu; sebab Roh yang ada didalam kamu,lebih besar dari roh yang ada di dalam dunia”.
1 yohanes 4:4

Meski demikian masih jarang ada yang mengerti apa itu kerasukan. Kerusakan adalah suatu kondisi dimana tubuh dan jiwa seseorang dikuasai setan. Roh manusianya di bawa ke alam mimpi, di buat tertidur sementara tubuh jiwa nya di pinjam paksa, dirampas, di kuasai setan sesuka hatinya seperti masuk ke rumah orang tanpa permisi. Bukan itu saja, orang yang di rasuki setan dia bisa memiliki kekuatan sepuluh kali lipat kekuatan manusia biasa. Ciri-ciri pengikut setan adalah harus melakukan segala yang di perintahkan iblis, sang majikan, dengan segenap hati (meskipun takut).

Iblis tidak toleransi terhadap kegagalan dan tidak kenal ampun terhadap orang yang melakukan jegagalan. Yang harus kita tahu adalah sifat roh jahat yaitu roh jahat tidak pernah mengasihani apalagi mengasihi tubuh orang yang didiaminya. Jadi ia masuk dengan menawarkan tipu daya dan kesenangan duniawi seperti kekayaan, terkenal, kekuasaan, seks bebas, kebebasan palsu, kehebatan, tenaga dalam, kemampuan super, atau adikodrati atau segala macam yang seakan-akan membuat Allah adalah jahat.

Sedangkan Roh kudus ingin berdiam dalam tubuh kita dengan menawarkan kasihNya yang tulus dan bukti pengorbananNya. Ia juga berani menawarkan jaminan kehidupan kekal.

Ada satu hal yang tak kalah penting yang harus diingat dalam melayani pelapasan yaitu selain penting untuk memahami dan mempraktekkan cara-cara rohani dan Alkitabiah untuk melakukan pelayanan pelepasan yang efektif,kita juga tidak bo;eh mengabaikan sisi-sisi etis didalam melakukan pelayanan pelepasan.

Karena meskipun kita sedang berperang dalam dunia roh,tubuh kita tidak terlepas dari budaya di bumi. Oleh karenanya ada bagian lain dari Firman yang mengingatkan untuk jangan terburu-buru dalam menumpangkan tangan.

“ Janganlah engkau terburu-buru menumpangkan tangan atas seseorang dan janganlah terbawa-bawa dalam dosa orang lain. Jagalah kemurnian dirimu.”
1 timotius 5:22

Jadi pada kondisi tertentu biarkanlah Tangan Tuhan sendiri yang langsung bekerja.





Nah sekarang bagaimana caranya kita mengusir roh jahat dari tubuh seseorang dan tanpa membuat orang tersebut terkena bahaya dan kita tidak masuk kedalam dosa orang lain.
Gunakan nama Tuhan Yesus yang mahakuasa. Jangan dengan mencaci maki

“ Tetapi penghulu malaikat, Maikel, ketika dalam suatu perselisihan bertengkar dengan iblis mengenai mayat Musa, tidak berani menghakimi iblis itu dengan kata-kata hujatan, tetapi berkata: “ kirannya Tuhan menghardik engkau”.

Yudas 1:9

Karena yang ada kita melayani pelepasan dengan menghardik dan mengusir roh jahat,” Didalam nama Tuhan Yesus, roh jahat keluarlah!”. Betul setan di usir dan dia keluar tetapi harus kita ingat bahwa ia tidak senang. Ia benci di usir meskipun bukan dari tempanya yang sah, sebab biar bagaimanapun orang yang kerasukan secara sadar atau tidak sadar telah mengundang si pencuri masuk menjamah rumahnya.

Karena itulah, tidak jarang terjadi kasus tiba-tiba ia masuk kedalam tubuh orang yang di sampingnya yang lemah imannya. Jadi berikut step by step dalam mengusir roh jahat dari dalam tubuh seseorang


a) ikat
“dalam nama Tuhan Yesus, kamu terikat dengan kuasa Allah!”

“kepadamu ku berikan kunci kerajaan sorga.Apa yang kau ikat di dunia ini akan terikat di sorga dan apa yang kaulepaskan di dunia ini akan terlepas di sorga”.

Matius 16:19
Yang tidak kalah penting adalah jangan mendua hati

“Hendaklah ia memintanya dalam iman,dan sama sekali jangan bimbang, sebab orang yang bimbang sama dengan gelombang laut,yang di ombang-ambingkan kian kemari oleh angin.orang yang demikian janganlah mengira,bahwa ia akan menerima sesuatu dari Tuhan. Sebab orang yang mendua hati tidak akan tenang dalam hidupnya”.

Yakobus 1:6-8
b) Patahkan
Patahkan segala tipu muslihat iblis

“Kenakanlah seluruh perlengkapan senjata Allah,supaya kamu dapat bertahan melawan tipu muslihat iblis”
Efesus 6:11
c) Hancurkan
Hancurkan semua kutuk dan kuasa iblis

“sesungguhnya Aku telah memberikan Kuasa kepada kamu untuk menginjak ular dan kalajengking dan kuasa untuk menahan kekuatan musuh,sehingga tidak ada yang akan membahayakan kamu

Lukas 10:19

d) Usir
Nah ini merupakan serangan terakhir yaitu mengusir keluar roh jahat agat pergi dari tubuh seseorang.

Nah sekarang kita belajar tentang kerasukan setengah atau sebagian. Kerasukan sebagian adalah tingkat kerasukan roh jahat dimana pikiran seseorang masih sadar. Jiwannya mengetahui dan merasakan apa yang terjadi. Orang yang mengalami kerasukan sebagian, ada yang pikirannya di serang sehingga bebal, stres, atau latah, ada yang jiwannya yang di serang sehinnga depresi, emosi,dan cemburu (nah cemburu juga termasuk, untuk itu para plend hati-hati jangan sampai hanya karena si dia kita jadi kerasukan iblis) ada yang tangannya yang di serang sehingga sering main tangan, atau lemas dan ada juga yang kakinya yang di serang sehingga orang itu tidak betah di rumah atau lumpuh.Setan di dalam diri manusia bercokol pada simpul saraf,kalau misalnya setan menguasai saraf bagian jempol, jempolnya akan bergerak gak karu-karuan.

Cara melayaninya adalah kita membimbing dia dalam pengakuan pertobatan dan doa pelepasan,karena jika pikiran orang tersebut masih sadar,ia masih bisa menyangkal iblis. Kita tenangkan dulu. Ini bertujuan untuk menghindari kontraksi saraf refleks. Lalu bimbing melalui telingannya untuk berdoa mengikuti kita, mintalah ia turut bersuara. Yang harus diingat, yang bersangkutan harus turut mengucapkan doaanya.

Kita harus peka dalam menanggapi semua kejadian yang terjadi dalam hidup kita sebab tanpa kita sadari roh jahat bisa masuk kedalam hidup kita beik itu lewat masalah-masalah kita, pergaulan kita dan tindakan kita.

So bagi plend semua hidup ini bkan hanya hidup kita sendiri tetapi hidup ini juga hidupnya Tuhan, jadi jangan pernah kita membuat nama Tuhan di permalukan hanya karena sifat dan tindakan kita. Ucapkanlah firman dalam hembusan napas kita juga lakukan firman dalam setiap tindakan kita.









Di kutip dari buku:
DUNIA ROH JAHAT (pelepasan dari kutuk dan roh jahat)
Penulis Daud Tony
Clicking :
By :
“Arie”

0 comments:

Lencana Facebook

total pengunjung

Alkitab

form action="http://alkitab.sabda.org /searchbox.php">Pencarian Alkitab+:

ShoutMix chat widget
Diberdayakan oleh Blogger.

Followers

mouse teks

mp3

Mp3 Rohani Kristen

punkcheo YM

Status YM